RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMPN 03 Bengkulu
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/
Semester :
VII/ I
Keterampilan
yang difokuskan : Mendengarkan (Listening)
Tema : Numbering
Responding and Giving Instruction
Jenis
text : -
Alokasi waktu : 3 Jam Pelajaran (3 x 40 menit)
A.
STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional
pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
B.
KOMPETENSI DASAR
2. 1 Merespon makna tindak tutur yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
C. INDIKATOR
1.
Kognitif
a.
Proses
1. Mengulangi
pelafalan kata-kata yang didengar dengan cermat dan teliti.
2. Mencocokkan angka-angka
yang tersedia dengan kata-kata yang didengar secara serius, mandiri dan teliti.
3. Menuliskan
angka-angka sesuai dengan kata-kata yang didengar secara sungguh-sungguh dan
penuh tanggung jawab.
4. Memberikan insruksi kepada
teman menggunakan kata-kata yang tepat secara serius dan sopan.
5. Merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa instruksi
secara kreatif dan inovatif.
b.
Produk
1. Mampu mengulangi
pelafalan kata-kata yang didengar dengan cermat dan teliti.
2. Mampu mencocokkan
angka-angka yang tersedia dengan kata-kata yang didengar secara serius, mandiri
dan teliti.
3. Mampu menuliskan angka-angka
sesuai dengan kata-kata yang didengar secara sungguh-sungguh dan penuh tanggung
jawab.
4. Mampu memberikan insruksi
kepada teman menggunakan kata-kata yang tepat secara serius dan sopan.
5. Mampu merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa
instruksi secara kreatif dan inovatif.
2.
Affektif
a.
Karakter
1)
Serius
dan teliti dalam mengerjakan tugas.
2)
Bersemangat
dan antusias.
3)
Percaya
diri dan berani bertanya.
4)
Melaksanakan
tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab.
b.
Keterampilan
sosial
1)
Mampu
berkomunikasi secara lisan
2)
Mampu
berkomunikasi secara tulisan
3.
Psikomotor
1.
Mengatahui cara pelafalan
angka-angka dengan pronunciation yang benar.
2.
Mengetahui kata-kata yang digunakan
dalam merespon dan memberi instruksi.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Kognitif
a.
Proses
1. Dengan bimbingan
guru, siswa dapat mengulangi pelafalan kata-kata yang didengar dengan cermat
dan teliti.
2. Dengan bimbingan
guru, siswa dapat mencocokkan angka-angka yang tersedia dengan kata-kata yang
didengar secara serius, mandiri dan teliti.
3. Dengan bimbingan
guru, siswa dapat menuliskan angka-angka sesuai dengan kata-kata yang didengar secara
sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.
4. Dengan bimbingan guru, siswa
dapat memberikan insruksi kepada teman menggunakan kata-kata yang tepat secara
serius dan sopan.
5. Dengan bimbingan guru dan kerja kelompok, siswa dapat merespon makna
dalam teks lisan fungsional pendek berupa instruksi secara kreatif dan
inovatif.
b.
Produk
1. Siswa dapat mengulangi
pelafalan kata-kata yang didengar dengan cermat dan teliti.
2. Siswa dapat
mencocokkan angka-angka yang tersedia dengan kata-kata yang didengar secara
serius, mandiri dan teliti.
3. Siswa dapat
menuliskan agka-angka sesuai dengan kata-kata yang didengar secara
sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.
4. Siswa dapat memberikan
insruksi kepada teman menggunakan kata-kata yang tepat secara serius dan sopan.
5. Siswa dapat merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa
instruksi secara kreatif dan inovatif.
2.
Affektif
a.
Karakter
1)
Siswa
mampu mengerjakan tugas dengan serius dan teliti.
2)
Siswa
bersemangat dan antusias.
3)
Siswa
lebih percaya diri dan berani bertanya tentang hal-hal yang kurang jelas.
4)
Siswa dapat
melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab.
b.
Keterampilan
sosial
1) Siswa dapat berkomunikasi
secara lisan.
2) Siswa dapat berkomunikasi
secara tulisan.
3.
Psikomotor
1.
Siswa dapat melafalkan
angka-angka dengan pronunciation yang benar.
2.
Siswa dapat merespon dan
memberikan instruksi dengan menggunakan kata-kata yang tepat.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
(Terlampir)
F.
PENDEKATAN MODEL METODE
Model Pembelajaran : Cooperative Learning
Pendekatan : CTL
Metode Pembelajaran : Kerja kelompok,
Penugasan, Unjuk kerja
G.
SUMBER BELAJAR
1. Buku Bahasa Inggris SMP Kelas
VII
( Smart
Steps: The Smartest Way to Learn English)
2. LKS Bahasa Inggris Kelas VII
(Solusi
Bahris SMP/MTs Kelas VII Semester I- Cet. VI)
H.
ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Script kata-kata
yang sesuai dengan materi.
Peralatan
sekolah siswa.
I.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
|
Aktivitas Pembelajaran
|
Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
A.
Kegiatan Awal (10 menit)
|
|||||
1
|
Salam pembuka.
Mengecek kerapian,
kelengkapan dan kebersihan ruang kelas.
Mengabsen siswa.
|
|
|
|
|
2
|
Guru memberikan beberapa
pernyataan yang sesuai dengan materi yang akan dipelajari.
Guru meminta siswa menerka materi
apa yang akan dipelajari.
Guru menuliskan tujuan mempelajari
materi tersebut dipapan tulis.
|
|
|
|
|
B.
Kegiatan Inti (105 menit)
|
|||||
1
|
Guru melafalkan kata-kata mengenai
materi Numbering, kemudian siswa
mengikutinya dengan cermat dan teliti.
|
|
|
|
|
2
|
Guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk menanyakan materi yang kurang jelas atau belum dipahami.
|
|
|
|
|
3
|
Guru meminta siswa untuk mencocokkan angka-angka
yang tersedia dengan kata-kata yang mereka dengar secara serius, mandiri dan
teliti.
|
|
|
|
|
4
|
Guru meminta siswa menuliskan angka-angka
sesuai dengan kata-kata yang didengar secara sungguh-sungguh dan
penuh tanggung jawab.
|
|
|
|
|
5
|
Guru memberikan dan melafalkan beberapa contoh kalimat insruksi,
kemudian diikuti oleh siswa secara cermat dan teliti.
|
|
|
|
|
6
|
Guru dan siswa mendiskusika materi tersebut.
|
|
|
|
|
7
|
Guru meminta siswa untuk memberikan beberapa instruksi kepada
teman sebangku mereka masing-masing secara serius dan sopan.
|
|
|
|
|
8
|
Guru memberikan beberapa instruksi melalui lagu If You’re happy, kemudian siswa melakukan
instruksi tersebut secara kreatif dan inovatif.
|
|
|
|
|
9
|
Guru mambagi siswa kedalam kelompok yang
terdiri dari lima orang siswa.
|
|
|
|
|
10
|
Guru memberikan sebuah situasi dan
masing-masing anggota kelompok mendapatka peran yang berbeda-beda.
|
|
|
|
|
11
|
Guru memberikan beberapa instruksi sesuai
dengan peran masing-masing, jadi siswa yang perannya disebutkan harus
melakukan instruksi yang diberikan dengan kreatif dan inovatif.
|
|
|
|
|
C.
Kegiatan Penutup (5 menit)
|
|||||
1
|
Guru memberikan beberapa pertanyaan
mengenai materi yang telah dipelajari.
|
|
|
|
|
2
|
Salam penutup
|
|
|
|
|
J.
KARAKTER YANG DIHARAPKAN
a. Cermat
b. Percaya diri
c. Sopan
d. Serius
e. Teliti
f. Bertanggung jawab
g. Mandiri
h. Bersungguh-sungguh
i.
Kreatif
j.
Inovatif
K.
PENILAIAN
1. Teknik :
Penilaian Produk (50%), Kinerja (20%), dan Afektif (30%).
2. Bentuk :
Ø Penilaian Produk
1. Siswa dapat
mencocokkan angka-angka yang tersedia dengan kata-kata yang didengar secara
serius, mandiri dan teliti. (20)
o
Setiap jawaban benar x 10 dan salah x 0
o
Nilai maksimal = Jumlah
benar x 10
(Jumlah soal = 8)
2. Siswa dapat
menuliskan angka-angka sesuai dengan kata-kata yang didengar secara
sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. (20)
o
Setiap jawaban benar x 10 dan salah x 0
o
Nilai maksimal =
Jumlah benar x 10
(Jumlah soal = 10)
3. Siswa dapat memberikan
insruksi kepada teman menggunakan kata-kata yang tepat secara serius dan sopan.
(20)
4. Siswa dapat merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa
instruksi secara kreatif dan inovatif. (40)
Ø Penilaian Kinerja
1. Siswa mampu membuat contoh kalimat untuk
memberikan instruksi kepada orang lain. (100)
Ø Penilaian Afektif
(Terlampir)
3. Prosedur :
Selama Proses Belajar
Bengkulu, 30 September 2011
Dosen Pembimbing
Kiagus Bauqiah, M. Pd
NIP.
|
Guru Pamong
Yenny Triana, S.Pd
NIP.
|
Praktikan
Maria Rama Sari
NPM. 0821110119
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 03 Bengkulu
Dra. Hj. Sri Purbaningtyas
NIP. 19571007 198303 2 006
|
LEMBAR KERJA SISWA
A.
Listen and tick the number you hear!
1. (….) twelve (….)
twenty
2. (….) thirteen (….)
thirty
3. (….) fourteen (….)
forty
4. (….) fifteen (….)
fifty
5. (….) sixteen (….)
sixty
6. (….) seventeen (….)
seventy
7. (….) eighteen (….)
eighty
8. (….) nineteen (….)
ninety
B.
Write down the number you hear!
A.
Lets sing together and do the instructions!
IF
YOU’RE HAPPY
If you’re happy and you know it, clap your hands.
If you’re happy and you know it, clap your hands.
If you’re happy and you know it, then your face
will surely show it.
If you’re happy and you know it, clap your hands.
If you’re happy and you know it, stomp your feet.
If you’re happy and you know it, stomp your feet.
If you’re happy and you know it, then your face will
surely show it.
If you’re happy and you know it, stomp your feet.
If you’re happy and you know it, shout hurray.
If you’re happy and you know it, shout hurray.
If you’re happy and you know it, then your face
will surely show it.
If you’re happy and you know it, shout hurray.
Note:
kata-kata yang diblok bisa diganti dengan instruksi yang lain.
KUNCI JAWABAN
A.
Listen and tick the number you hear!
1. Twenty
2. Thirteen
3. Fourteen
4. Fifty
5. Sixteen
6. Seventy
7. Eighty
8. Nineteen
B.
Write down the number you hear!
1. 808
2. 27
3. 891
4. 593
5. 67
6. 30
7. 61
8. 375
9. 444
10. 14
C.
Your teacher is going to give some instructions.
Do as she says!
1. Stand up, please!
2. Touch your friend!
3. Say your name!
4. Take your book!
5. Smile to me!
LEMBAR DISKUSI SISWA
1.
The
students are in the market right now. Their teacher is giving instructions to
them. Listen the instructions and do what she says!
KUNCI JAWABAN
1.
The
students are in the market right now. Their teacher is giving instructions to
them. Listen the instructions and do what she says!
b. Buy a pen, please! (Andre)
c. Give your money to the seller!
(Nunung)
d. Put a book in your bag, please!
(Sule)
e. Choose your favorite thing on
the table, please! (Parto)
f. Invite your frieds to go home!
(Ajis)
LEMBAR PENILAIAN PROSES
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
JUMLAH
|
||||
KS
|
TJ
|
KN
|
KLK
|
KT
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KS : Kerja Sama
TJ : Tanggung Jawab
KN : Keaktifan
KLK : Keruntutan Langkah Kerja
KT : Ketepatan
Deskkriptor Penilaian
ü Berilah nilai pada setiap aspek penilaian dengan skor 4
(maksimal) dan skor 0 minimal. Serta Nilai Akhir (NA) = dikali 5
ü Nilai 4 jika indikator yang diharapkan muncul dengan
sering dan jelas
ü Nilai 3 jika muncul namun tidak sering
ü Nilai 2 jika muncul tetapi beberapa kali, jarang atau
kadang-kadang saja.
ü Nilai 1 jika muncul namunn sedikit sekali
ü Nilai 0 jika tidak pernah muncul
LEMBAR PENGAMATAN PERILAKU BERKARAKTER
Amatilah ketika siswa melaksnakan diiskusi lalu
berilah skor pada aspek pengamatan kerja sama dengan berpanduan pada cara
pemberian skor!
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK PENGAMATAN KERJA SAMA
|
SKOR
|
NILAI AKHIR
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
A : Mampu
teliti dan serius dalam mengerjakan tugas
B : Mampu
menghadirkan rasa semangat dan antusias yang tinggi dalam belajar
C : Percaya diri dan berani bertanya
D :
Mampu melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab.
Deskkriptor Penilaian
ü Berilah nilai pada setiap aspek penilaian dengan skor 4
(maksimal) dan skor 0 minimal. Serta Nilai Akhir (NA) = dikali 5
ü Nilai 4 jika indikator yang diharapkan muncul dengan
sering dan jelas
ü Nilai 3 jika muncul namun tidak sering
ü Nilai 2 jika muncul tetapi beberapa kali, jarang atau
kadang-kadang saja.
ü Nilai 1 jika muncul namunn sedikit sekali
ü Nilai 0 jika tidak pernah muncul
LEMBAR PENGAMATAN KETERAMPILAN SOSIAL
Amatilah ketika siswa ssedang melakukan komunikasi secara lisan baik dengan
temannya maupun dengan guru selama pembelajaran berlangsung!
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK PENGAMATAN
|
SKOR
|
|||||
KEBAHASAAN
|
NON KEBAHASAAN
|
|||||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Aspek
kebahasaan
A : Menggunakan
lafal dan intonasi yang tepat
B : Memilih kata
yang sesuai
C : Menggunakan
kalimat yang benar dan efektif
2.
Aspek Non
Kebahasaan
A : Mendengarkan dan
memperhatikan teman yang sedang berbicara.
B : Tidak berbicara
ketika orang lain sedang berbicara.
C : Bersikap sopan
kepada orang yang diajak berbicara.
Deskkriptor Penilaian
ü Berilah nilai pada setiap aspek penilaian dengan skor 4
(maksimal) dan skor 0 minimal. Serta Nilai Akhir (NA) = dikali 5
ü Nilai 4 jika indikator yang diharapkan muncul dengan
sering dan jelas
ü Nilai 3 jika muncul namun tidak sering
ü Nilai 2 jika muncul tetapi beberapa kali, jarang atau
kadang-kadang saja.
ü Nilai 1 jika muncul namunn
sedikit sekali
ü Nilai 0 jika tidak pernah
muncul
MATERI
RESPONDING AND GIVING
INSTRUCTIONS
A. Let’s learn
numbers. Listen and repeat!
1 One
2 Two
3 Three
4 Four
5 Five
6 Six
7 Seven
8 Eight
9 Nine
10 Ten
11 Eleven
12 Twelve
13 Thirteen
14 Fourteen
15 Fifteen
16 Sixteen
17 Seventeen
18 Eighteen
19 Nineteen
20 Twenty
30 Thirty
40 Forty
50 Fifty
60 Sixty
70 Seventy
80 Eighty
90 Ninety
100 One hundred
110 One hundred and ten
200 Two hundred
B. Study
the following examples. Listen and repeat!
-
Open the
door, please. It’s hot here.
-
Clean the
blackboard.
-
Listen to
me.
-
Don’t
fight.
-
Be quite.
-
Stand up.
-
Sit down.
-
Give me a
glass of water, please. I’m thirsty.
-
Spell your
name.
-
Cut the
grass.
-
Dig the
hole with your hoe.
-
Open your
book, page twenty five.
-
Don’t talk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar